Membangun sistem voip, ada banyak variasi yang bisa digunakan. Ada yang menggunakan koneksi dari komputer ke komputer dengan sound card dan head-set melalui jaringan intranet dan internet yang merupakan solusi paling murah tetapi cukup merepotkan. Ada juga melalui komunikasi voice dari komputer ke pesawat telepon berbasis ip (IP Phone) maupun menggunakan pesawat telepon biasa dengan tambahan perangkat voip gateway fxs.

Proses Kerja dalam Komponen Diagram Voip

Prinsip kerja Voip adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari mikrofon pada komputer menjadi paket data digital, kemudian diteruskan melalui sistem jaringan intranet maupun internet dan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Bisa juga melalui media telepon diteruskan ke perangkat voip yang disambungkan dan bisa diterima oleh telepon yang dituju.

Konsep dan Proses Kerja Voip disetiap Blok

a. TCP/IP
TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol) merupakan sebuah protokol yang digunakan pada jaringan internet. Protocol ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu TCP dan IP.

b. Application Layer
Fungsi utama pada layer ini adalah pemindahan file. Perpindahan file dari sebuah sistem ke sistem lainnya yang berbeda memerlukan suatu sistem pengendalian untuk menanggani adanya ketidak kompatibelan sistem file yang berbeda – beda. Protokol ini berhubungan dengan aplikasi.

c. TCP (Transmission Control Protocol)
Dalam mentransmisikan data pada layer transport ada dua protokol yang berperan yaitu TCP dan UDP. TCP merupakan protokol yang connection-oriented yang artinya menjaga hubungan komunikasi end to end. Konsep dasar cara kerja TCP adalah mengirim dan menerima seqment – seqment informasi dengan panjang data bervariasi pada suatu datagram internet. TCP menjamin realibilitas hubungan komunikasi karena melakukan perbaikan data yang rusak, hilang,  atau kesalahan kirim. Dalam hubungan Voip, TCP digunakan pada saat signaling, TCP digunakan untuk menjamin setup suatu call pada sesi signaling. TCP tidak digunakan dalam pengiriman data suara pada voip karena pada suatu komunikasi data voip penangganan data yang mengalami keterlambatan lebih penting dari penangganan paket yang hilang

d. UDP (User Datagram Protocol)
UDP merupakan salah satu protokol utama diatas IP merupakan transport protocol yang lebih sederhana dibandingkan dengan TCP. UDP digunakan untuk situasi yang tidak mementingkan mekanisme realibilitas. UDP pada voip digunakan untuk mengirimkan audio streaming yang berlangsung terus menerus lebih mementingkan kecepatan pengiriman data agar tiba di tujuan tanpa memperhatikan adanya paket yang hilang walaupun mencapai 50% dari jumlah paket yang dikirimkan. Karena UDP mampu mengirimkan data streaming dengan cepat.

e. SIP (Session Initiation Protocol)
SIP merupakan signalling protokol pada layer aplikasi yang berguna untuk membangun, memodifikasi, dan menghakhiri suatu sesi multimedia ( suara, video, dan text) yang melibatkan satu atau beberapa pengguna.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat