Ketika kita berpindah atau menempati kantor baru, ada banyak hal yang kita perlu siapkan. Salah satunya sistem telepon kantor yang akan digunakan di kantor tersebut. Bisa jadi saat ini kita diminta untuk mencari sistem atau perangkat telepon yang sesuai untuk kantor

Cara Memilih IP Pbx untuk Kebutuhan Kantor

Berikut ini adalah tips yang dapat kita lakukan untuk memilih ip pbx yang sesuai dengan kebutuhan kantor:

1. Cari tahu jumlah extension yang diperlukan

Pertama kita perlu menghitung berapa jumlah extension yang diperlukan di kantor. Paling mudahnya kita bisa menghitung berdasarkan berapa unit telepon yang akan ditempatkan di kantor.

Selain itu kita juga perlu mempertimbangkan berapa jumlah extension yang akan dibutuhkan beberapa tahun mendatang. Umumnya jumlah extension di kantor mulai dari 20 user, 50 user, 100 user, 200 user, 300 user, 500 user, atau lebih dari 500 user

2. Pastikan Concurrent Calls sesuai dengan kebutuhan

Kedua kita perlu memastikan concurrent calls sesuai dengan kebutuhan. Mungkin teman – teman ada yang masih bingung apa itu concurrent calls. Jadi concurrent calls adalah jumlah channel yang digunakan dalam waktu bersamaan ketika sedang melakukan pembicaraan telepon

Untuk jumlah concurrent calls(cc) ada banyak pilihan, mulai dari 10 cc, 25 cc, 30cc, 60cc, 90cc, 120cc, atau 500cc. Jika kita menggunakan sistem telepon untuk call center atau telemarketing, kita perlu memilih sistem telepon berdasarkan concurrent calls.

3. Tentukan jumlah line pstn yang akan dikoneksikan

Kita perlu menentukan kira kira berapa jumlah nomor pstn yang akan kita koneksikan ke sistem ip pbx. Apakah itu hingga 4 nomor pstn, 8 nomor pstn, 16 nomor pstn, 24 nomor pstn atau lebih?

Selain itu kita perlu memperhatikan koneksinya, Apakah menggunkan port rj11, port E1, atau rj 45/ layanan sip trunk? Jika menggunakan rj11 berarti ip pbx yang digunakan tersedia port fxonya, kalau port E1 ip pbx yang digunakan sudah support port E1, sedangkan jika layanannya siptrunk ip pbxnya tidak perlu menggunakan port fxo dan E1, kecuali dibutuhkan.

4. Ketersedian line untuk mesin fax

Di beberapa tempat mesin fax masih banyak digunakan, line yang tersambung umumnya menggunakan line rj11 pstn. Jika sambungan line pstn yang tersedia menggunakan rj11 maka bisa langsung dihubungkan ke mesin fax.

Hal ini berbeda jika layanan yang digunakan E1 ataupun siptrunk, maka kita perlu memilih ip pbx yang ada port fxsnya sehingga bisa tersambung.Selain itu kita bisa menggunakan voip gateway tipe fxs sebagai alternatifnya

5. Fitur – fitur ip pbx yang tersedia

Kita perlu memilih ip pbx yang memiliki fitur – fitur yang dibutuhkan untuk kantor. Misalnya seperti tersedia fitur IVR yang berfungsi memberikan salam pembuka ketika ada yang menelepon dan dapat mengarahkan penelepon ke bagian tertentu di kantor.

Inilah beberapa hal yang kita dapat kita lakukan sebelum membeli ip pbx untuk kantor kita. Jika teman – teman masih ragu atau bingung ataupun ingin mendapatkan gambaran anggaran biaya sistem telepon untuk kantor, bisa hubungi kami di 021 50200299 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman teman yang sedang mencari dan memilih ip pbx untuk kebutuhan kantor.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat