Pada saat pertama kali kita membeli perangkat IP Pbx Yeastar S Series baik itu tipe S20, S50, S100, atau S300, kita mungkin bingung bagaimana cara setting perangkat tersebut. Di artikel kali ini kita akan memberikan gambaran untuk pemula bagaimana cara setting ip pbx yeastar?

Tahap Awal Setting IP Pbx Yeastar S Series

Perangkat yang akan saya gunakan pada kali ini adalah Yeastar IP Pbx S50 S Series, sebagai gambaran perangkat ini mendukung hingga 50 user ekstension dengan 25 concurrent call dan tersedia hingga 8 port untuk analog pstn line.

IP Pbx Yeastar S50
Gambar: IP Pbx Yeastar S50

Pertama kita perlu mengetahui ip pada perangkat IP Pbx Yeastar S50 tersebut, kita bisa lihat dilabel bagian bawah perangkat tersebut. Berikut ini adalah default ip address, user, dan password perangkat tersebut:

Default IP Address : 192.168.5.150/24
User : Admin
Password : Password

Setelah mengetahui ip address dari perangkat tersebut, supaya kita bisa login di web browser, kita perlu melakukan konfigurasi ip address terlebih dahulu di laptop atau pc dengan menggunakan ip address yang satu segment dengan Yeastar S50 IP Pbx. Misalnya dengan:

IP Address: 192.168.5.100
Subnet Mask: 255.255.255.0
Default Gateway: 192.168.5.1

Kemudian kita hubungkan kabel jaringan dari Laptop atau PC kita ke port lan Yeastar IP Pbx S50, dan nyalakan perangkat tersebut, lalu di laptop atau pc kita buka web browser dan ketikkan ip address dari Yeastar S50 IP Pbx sampai tampil halaman login perangkat tersebut.

Halaman Log In Yeastar IP Pbx
Gambar: Log In Yeastar IP Pbx

Di bagian halaman log in Yeastar IP Pbx kita masukkan user dan password, sampai terlihat tampilan berikut ini.

Tampilan Sesudah Log In
Gambar: Tampilan Sesudah Log In

Konfigurasi berikutnya adalah mengatur ip address pada Yeastar IP Pbx S50 sesuai dengan yang kita inginkan, misalnya:

IP Address  : 192.168.1.100
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1
DNS Server  : 192.168.1.1
Setting IP Address LAN
Gambar: Setting IP Address LAN

Setelah kita melakukan konfigurasi untuk ip address perangkat sesuai dengan kebutuhan, langkah selanjutnya melakukan setting untuk digit extension yang akan digunakan. Misalnya:

Extension yang diset:
100 sampai dengan 150 

Cara settingnya dengan klik icon settings, lalu pilih menu PBX -> General -> Preferences, lalu pilih bagian Extension Preference, Dibagian user extensions kita bisa atur untuk rentang digit extension yang nantinya akan kita setting, seperti gambar dibawah ini:

Setting Extension Preference
Gambar: Setting Extension Preference

Kita baru saja melakukan setting untuk rentang extension yang nantinya akan digunakan, setelah selesai mengatur bagian ini, barulah kita melakukan create extension, seperti gambar dibawah ini:

Create Extension
Gambar: Create Extension

Berikutnya, kita melakukan setting dibagian trunk. Disini kita mengatur untuk port fxo atau fxs jika kita menggunakan line analog rj11 untuk layanan telepon ataupun mengatur siptrunk jika kita menggunakan layanan telepon berbasis ip dengan rj45 port, seperti gambar dibawah ini:

Setting Trunks
Gambar: Setting Trunks

Selanjutnya, kita melakukan setting untuk incoming telepon dan Outgoing telepon serta kita bisa mengatur pembatasan untuk setiap panggilan keluar, bagian pengaturan tersebut seperti gambar dibawah ini:

Setting Inbound dan Outbound
Gambar: Setting Inbound dan Outbound

Setelah melakukan setting semua fitur yang ada di IP Pbx Yeastar S Series sesuai dengan kebutuhan komunikasi di kantor kita, kita bisa memonitor extension dan trunk dibagian icon PBX Monitor, seperti gambar dibawah ini:

PBX Monitor
Gambar: PBX Monitor

Ok, inilah gambaran sebagian kecil cara melakukan konfigurasi atau setting IP Pbx Yeastar S Series, oh ia jangan lupa yah setelah melakukan konfigurasi semuanya di backup dan di downloaf filenya, supaya jika terjadi sesuatu kita masih mempunyai backup filenya sehingga kita tidak perlu melakukan setting dari nol lagi.

Untuk teman – teman yang mempunyai kebutuhan perangkat IP Pbx Yeastar S Series, jangan ragu – ragu untuk menghubungi Djteko dengan nomor telepon (021) 50 200 299 untuk mendapatkan harga yang terjangkau. Terima Kasih, semoga bermanfaat yah.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat