Video Conference – Sebelum ada teknologi komunikasi, untuk melakukan pertemuan bisnis dengan rekan kerja atau klien yang berbeda tempat memerlukan waktu yang lebih lama dan biaya besar.

Kondisi ini diperparah dengan adanya kemacetan dalam perjalanan, sehingga waktu pertemuan menjadi berubah. Ditambah lagi dengan naiknya biaya transportasi dan penginapan untuk sampai dilokasi tujuan.

Pertemuan seperti gambaran diatas terasa menjadi tidak efektif dan efisien lagi. Sekarang dengan sistem teknologi terkini kita dapat melakukan pertemuan dengan waktu yang lebih cepat dan biaya lebih hemat.

Pengertian Sistem Video Conference

Menurut Wikipedia, Konferensi Video adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua pihak atau lebih di lokasi yang berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan.

Video konferensi merupakan teknologi yang mengizinkan pengguna berbeda lokasi melakukan pertemuan tatap muka tanpa harus berpindah bersama ke satu lokasi. Teknologi ini sangat nyaman digunakan terutama untuk pebisnis di kota yang berbeda ataupun di negara yang berbeda karena dapat menghemat waktu, biaya, ataupun terganggu dengan administrasi perjalanan.

Penggunaan video konferensi banyak dilakukan untuk rapat rutin perusahaan, deal negosiasi bisnis, dan wawancara kandidat pekerja dan masih banyak lagi.

Baca Juga:
Apa itu IP Pbx?

Bagaimana Cara Kerja Video Konferensi?

Keuntungan utama video conference dibandingkan dengan telecoference adalah para partisipan dapat saling melihat satu sama lain, dimana mengizinkan untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat. Ketika sebuah video konferensi dilakukan untuk tujuan informal, biasanya disebut video call atau video chat.

Ada banyak cara video konferensi dapat dilakukan. Kita bisa menggunakan web kamera yang terhubung dengan laptop, tablet, atau komputer desktop untuk individu. Smartphone yang memiliki kamera depan bisa juga digunakan untuk terhubung dengan video konferensi. Dengan cepat, platform software dapat mentransmisikan komunikasi melalui protokol internet.

Penggunaan dari Video Konferensi

Perusahaan multinasional yang memiliki banyak kantor cabang. Biasanya membutuhkan video komunikasi langsung diantara kantor cabang dan pusat untuk bekerja sama satu team dan lebih berkolaborasi.

Video konferensi bisa juga digunakan untuk melakukan training, dengan instruktur mengajar dari kelas remote area manapun. Dalam konteks korporasi, khususnya supaya pekerja mendapatkan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaaan lebih baik.

Dalam dunia akademi bisa menggunakan video konferensi untuk menghubungkan ruang kelas tradisional dengan pelajar jarak jauh. Dalam dunia bisnis, video konferensi digunakan untuk melakukan meeting rutin antara staff perusahaan dengan pimpinan perusahaan mengenai aktivitas terakhir pada bisnis.

Di hotel atau ruang conference kadang memerlukan layanan video konferensi untuk tamu yang membutuhkan layanan tersebut.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat