Apa itu IP Pbx?

IP Pbx (Internet Protokol Private Branch Exchange) adalah sistem komunikasi telepon yang menggunakan teknologi IP.

Sistem ini menggantikan pabx tradisional, yang memberikan kualitas yang lebih baik dengan fitur yang lebih beragam.

Keuntungan menggunakan IP Pbx

  1. Menghemat biaya dalam membangun infrastruktur IT
    IP Pbx tidak memerlukan lagi kabel saluran khusus telepon karena bisa mengintegrasikan suara dan jaringan data menjadi satu.
  2. Mempunyai fitur lebih maju
    IP Pbx merupakan sistem telepon berbasis perangkat lunak. Sehingga memberikan lebih banyak peluang untuk integrasi dengan sistem lain seperti paltform CRM(Customer Relationship Management).
  3. Perawatan yang lebih mudah
    Karena menggunakan teknologi ip, maka akan lebih mudah dan lebih cepat ketika ada penambahan konfigurasi maupun dalam melakukan maintenance ketika terjadi masalah.
  4. Fleksibel dalam pengembangan
    IP Pbx dapat dibangun secara on-premise atau di cloud, sehingga memberikan kebebasan dalam memilih solusi komunikasi telepon yang tepat bagi bisnis atau organisasi
  5. Meningkatkan komunikasi multi lokasi
    Dapat dintegrasi dengan banyak kantor cabang berbeda lokasi sehingga komunikasi lebih mudah.

Ada dua jenis IP Pbx: On Premise dan Host/Virtual.
Mari kita lihat masing masing jenis ini dan Bagaimana IP Pbx ini bermanfaat dalam bisnis atau organisasi.

On-Premise IP Pbx

On-Premise IP Pbx adalah sistem telepon dimana hardware dan komponen lainnya diletakkan di lokasi dimana sistem ini digunakan.

Inilah yang pertama kali terlintas di dalam pikiran kita ketika memikirkan sebuah IP Pbx.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita harapkan dari IP Pbx lokal:
1. Tidak ada resiko kenaikan biaya
2. Menurunkan biaya kepemilikan terutama ketika ada perkembangan
3. Kontrol penuh dan fleksibelitas
4. Bisa melakukan apa yang kita inginkan dengan peralatan yang dimiliki
5. Mengetahui kemampuan sistem kita

Hosted IP Pbx / Virtual IP Pbx

Virtual IP Pbx adalah sistem telepon dimana tempat hardware sebenarnya untuk sistem telepon dihosting disuatu tempat diluar lokasi.

Sistem ini dikenal juga dengan nama Cloud IP Pbx. Komponen ip pbx yang dihosting di cloud merupakan server yang berlokasi ditempat dan dapat diakses melalui internet.

Apa jenis telepon yang dapat digunakan dengan IP Pbx?

Meskipun terdapat cara untuk menghubungkan telepon analog atau digital ke IP Pbx, biasanya tidak menghemat biaya.

Banyak bisnis yang memilih untuk mengganti telepon mereka saat ini dengan telepon ip. Ada banyak jenis telepon ip yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan sistem komunikasi di masing masing bisnis.

IP Phones
IP desk Phone terlihat dan berfungsi seperti telepon biasa. Namun telepon ini sebenarnya adalah komputer kecil yang digunakan untuk mengirim dan menerima data suara.

IP Phone biasanya memiliki lebih banyak fitur dan tombol yang terhubung ke ip pbx kita melalui jaringan data.

Desktop Softphone
Desktop Softphone adalah aplikasi yang berjalan di komputer kita dan berkomunikasi dengan ip pbx kita melalui jaringan data.

Softphone sering identik dengan IP Phone dan meningkatkan penghematan biaya dengan menggunakan headset, speaker, dan mikrofon.

Mobile Softphone
Mobile softphone adalah aplikasi untuk smartphone, tablet, atau perangkat mobile lainnya yang menyediakan semua fungsi telepon pada IP Phone.

Mobile softphone sering kali menggunakan koneksi internet perangkat (baik Wi-Fi atau 4G) untuk berkomunikasi dengan IP Pbx.

WhatsApp chat